Penelitian di Sektor Publik

Penelitian kinerja sektor publik merupakan kegiatan pengumpulan, pencatatan dan analisis data secara sistematik dan obyektif mengenai kinerja sektor publik untuk membantu dalam pembuatan keputusan-keputusan stakeholders.  Penelitian ini menggunakan alat-alat analisis sebagaimana alat-alat pengukuran kinerja sektor publik dengan didukung analisis statistika untuk menguatkan kesimpulan. 

Penelitian kinerja sektor publik ini diharapkan dapat menghasilkan informasi tentang kinerja secara obyektif sehingga dapat mengurangi ketidakpastian dan membantu dalam memfokuskan pengambilan keputusan. Karakteristik permasalahan sektor publik yang dihadapi cukup kompleks sehingga menentukan tipe penelitian yang seharusnya digunakan. Tipe penelitian kinerja sektor publik dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

1.      Exploratoris
Merupakan penelitian yang digunakan untuk mengklarifikasikan berbagai macam permasalahan sektor publik yang masih bersifat samar-samar. Tipe penelitian ini bertujuan untuk membantu menghasilkan diagnosis awal dari berbagai dimensi terhadap permasalahan senyatanya yang dihadapi sektor publik sehingga kegiatan penelitian berikutnya tepat memenuhi sasaran yang dikehendaki. Selain itu tipe penelitian exploratoris ini dapat digunakan untuk menggali berbagai ide baru agar tidak terjadi stagnasi di dalam organisasi sektor publik.

2.      Deskriptif
Merupakan penelitian yang ditujukan untuk menggambarkan (memotret) karakteristik sebuah populasi atau suatu fenomena sektor publik. Tipe penelitian deskriptif dilakukan untuk menjawab pertanyaan tentang siapa, apa, kapan, dimana dan bagaimana karakteristik suatu populasi atau fenomena terjadi. Studi kasus terhadap suatu fenomena tertentu dengan fokus pada populasi tertentu secara khusus merupakan implementasi dari tipe penelitian deskriptif ini.

3.      Kausal Komparatif
Merupakan penelitian yang ditujukan untuk mengetahui hubungan sebab akibat antara berbagai variabel penelitian dan hubungan perbandingan yang terjadi. Secara khusus tipe penelitian kausal komparatif bertujuan untuk mengenali factor-faktor penyebab, menentukan tingkat sebab akibat yang terjadi dan mengukur variasi antara sebab akibat. Alat analisis statistika digunakan untuk membuat kesimpulan.


No comments: